Hardiknas

Thursday, May 02, 2013


Sumber gambar: Devianart
Pendidikan di era modern ini, bukanlah hanya sekedar gelar ataupun harga diri, tapi juga merupakan kebutuhan primer disamping pangan, sandang, dan papan. Semua orang berhak dan sepatutnya mendapatkan pendidikan yang layak untuk menunjang kualitas hidupnya, baik pendidikan formal maupun non-formal.

Dalam prakteknya, masih banyak masalah-masalah yang membatasi ruang gerak terkait hak memperoleh pendidikan tersebut. Baik dari aspek ekonomi dan psikososial masyarakat, maupun dari penanggung jawab pendidikan itu sendiri.

Mungkin pendidikan masih perlu diperjuangkan oleh setiap individunya. Bukankah memang selalu ada perjuangan dari setiap hak yang akan diterima? Katakanlah kamu terlahir di keluarga yang berkecukupan dan memahami pentingnya pendidikan berkualitas. Setiap hari bersekolah, mengikuti kursus non-formal, bimbingan belajar, dsb. Namun apakah kita sudah yakin tentang apa tujuannya melakukan kegiatan monoton seperti ini setiap hari, dari tahun ke tahun? Percayakah kita bisa memperoleh masa depan yang cemerlang nantinya? Toh tetap saja harus ada perjuangan, harus punya inovasi kedepan agar tidak mainstream.

Lalu bagaimana dengan saudara-saudari kita di pedalaman negeri ini? Mereka mungkin tidak terlalu peduli apakah bisa mengenyam sekolah atau tidak. Selama masih bisa bekerja, dengan bertani, nelayan, menjadi buruh, atau apapun itu, yang penting masih ada esok hari dan hidup terus berjalan. Jadi pantaskah negeri ini disebut bangsa yang besar jika kepedulian terhadap pendidikan masyarakatnya masih jauh dibawah standar?

Intinya tetap harus ada perjuangan dalam memperoleh pendidikan. Pendidikan tidak hanya untuk yang mampu, tetapi juga bagi mereka yang kurang mampu. Jaman sekarang, sudah banyak lembaga yang menyediakan bantuan berupa beasiswa pendidikan. Baik yang berprestasi maupun bagi yang kurang mampu.
Beasiswa tidak hanya dapat diperoleh dari lembaga pemerintahan atau institusi kampus. Jaman sekarang sudah banyak jaminan dana pendidikan dari asuransi, bank, dll. Bahkan sebagian orang juga memperoleh tunjangan pendidikan dari rekan ataupun sanak keluarganya, itu sih kalau kamu beruntung mempunyai sanak keluarga yang baik hati :)


Selamat Hari Pendidikan, para pejuang gelar dan integritas!
Semoga wawasan dan ilmu yang dimiliki oleh generasi penerus seperti kita dapat membawa bangsa ini menuju bangsa yang lebih elite terpelajar :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Hi would you mind stating which blog platform you're working with? I'm planning to start my own blog in the near future but I'm having a difficult time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I'm looking for something unique.
    P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!



    my blog post: password cracker

    ReplyDelete
  2. My brother recommended I would possibly like this blog. He was totally right.
    This submit actually made my day. You cann't imagine just how much time I had spent for this information! Thanks!

    Visit my blog ... dagonvale breeding tips

    ReplyDelete
  3. Greetings from Ohio! I'm bored to tears at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you present here and can't wait
    to take a look when I get home. I'm surprised at how quick your blog loaded on my phone .. I'm not even using WIFI, just
    3G .. Anyways, amazing blog!

    My webpage - Skip Online Surveys

    ReplyDelete
  4. Greetings! Very helpful advice within this article!
    It is the little changes which will make
    the biggest changes. Many thanks for sharing!

    Visit my website :: new medal of honor game 2010

    ReplyDelete

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)

INSTAGRAM