Simpel simpel susah

Thursday, November 08, 2012

Kata orangtua jaman dulu, milih-milih teman itu nggak baik, kita harus mau berteman dengan siapaaaa aja. Yakin tuh bener? Yakin mau berteman dengan 'siapa' aja?

Sebenernya memang boleh aja sih kita berteman dengan siapa aja, tapi bukannya nggak milih juga kali ya. Memangnya kita mau berteman dengan orang-orang yg punya status kriminal buruk? Jangankan sama kriminal ya, sama temen yg egois, yg songong, dan nggak asik diajak seru-seruan aja kadang kita males juga~

Kayaknya udah nggak aneh lagi kalo dilihat dari gaya pertemanan, kita cenderung mencari teman yg se-level dengan kita. Se-level disini maksudnya variatif, bukan cuma dinilai dari tingkat sosio-ekonomi, tapi juga pendidikan, profesi/jabatan, suku, dan pastinya status. Hal ini memang nggak bisa dipungkiri dan bukanlah suatu dosa juga. Karena secara keseluruhan, teman yg se-level itu lah yg memang paling cocok dengan kita.

Misalnya nih kita seorang pelajar yg biasa-biasa aja. Pasti agak susah juga sih untuk bergaul sama orang-orang yg levelnya jauh diatas, kayak putra-putri kerajaan yg katanya nggak boleh sembarangan pergi. Kalopun pergi mesti dikawal body guard! Gaya bersekolah aja udah beda, kita sekolah rame-rame, dia nya home-schooling. Kalo kita biasa hangout ke mall, dia mah hangout nya ke luar negeri~
Atau misalnya kita mau berteman sama yg levelnya dibawah, contoh sama loper koran. Kan susah juga yah buat menyamakan prinsip. Mau diajak hangout ke mall, kasian juga nanti uang yg udah dia kumpulin untuk masa depannya malah abis buat makan di mall dan berat di ongkos. Masa mau kita yg nraktir mulu atau antar-jemput? Yah, kita juga nggak mau kan jadi merasa dimanfaatkan.
Lokasi rumah juga udah pasti jauh beda, anak kerajaan tinggal di istana, pelajar biasa tinggal di kota, dan loper koran tinggal di perkampungan. Gimana mau sering-sering ketemuan?

Nah karena ribetnya bergaul dengan orang-orang yg levelnya diatas atau dibawah kita itulah, maka ada yg namanya strata sosial, dimana kita memang lebih nyaman berada di kasta kita sendiri tanpa mencoba ngelewatin batas kasta yg lain.
Bahkan dalam status pelajar 'biasa' itu sendiri pun juga pasti ada pengelompokan. Dimana orang-orang borju yg hobinya keluyuran nggak bakal betah berteman dengan para kutu buku. Entar kalo si borju mau minta ditemenin shopping atau clubbing, si kutu buku nggak mau nemenin dengan alasan itu nggak bermanfaat. Atau kalo si kutu buku ngajak belajar bareng, si borju pasti merasa boring.
Dan kalopun seandainya mereka bisa jadi teman. Mungkin awalnya bisa lah ngalah-ngalah dikit. Si kutu buku ikutan shopping dan clubbing, dan si borju ikutan belajar bareng. Tapiii, mau sampe kapan sih nge-respek temen tanpa ngikutin kata hati sendiri? Yakin si kutu buku itu nggak malu-maluin gayanya kalo diajak clubbing? Yakin si borju seriusan mau belajar? Kalo emang nggak suka, ya ngapain sih ikut-ikutan temen, lakukan yg kita suka aja. Masa gara-gara temen kita jadi berubah?
Nah itu artinya ya mereka emang nggak jodoh sebagai teman. Nggak perlu dipaksain. Solusinya...si borju bertemanlah dengan sesama borju, dan si kutu buku bertemanlah dengan sesama kutu buku. Selesai deh masalah!


Itu cuma salah satu contoh dari sekian banyak persoalan di dunia ini. Dan tentang gimana status pertemanan itu sendiri bisa awet, sebaiknya jadilah dan carilah teman yg sama-sama tau diri. Kita tau dimana strata kita, dan mencari teman yg sederajat..malah kalo bisa dengan sifat dan prinsip yg hampir mirip! Yang paling penting, carilah temen yg bijaksana, yg bisa menempatkan diri dengan sesuai. Berteman itu adalah hiburan sebagai makhluk sosial, bukan untuk sombong, bukan untuk nambah-nambahin konflik. Se-simpel itu, tapi susah ditemukan. Begitulah, mencari teman memang simpel-simpel-susah. Selamat mencari deh!

You Might Also Like

4 comments

  1. Yang penting cari teman yang pengertian sama kita, mau jujur dan bisa diajak berbagi...

    ReplyDelete
  2. u have such a nice blog !

    how about joining my giveaway? 4 CLOTHES FOR FREE on my blog from Cloth Inc (www.clothinc-shop.com)
    let's join here :
    Journal J GIVEAWAY

    ReplyDelete
  3. I'd like to thank you for the efforts you've put in
    writing this site. I'm hoping to see the same high-grade blog posts by you later on as well. In fact, your creative writing abilities has encouraged me to get my very own blog now ;)
    Feel free to surf my blog post youtube.com

    ReplyDelete
  4. You can certainly see your expertise within the work you write.
    The world hopes for even more passionate writers like you who aren't afraid to say how they believe. Always follow your heart.
    Feel free to visit my web-site - How To Get Rid Of Acne

    ReplyDelete

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)

INSTAGRAM