Keng Ciak

Friday, July 13, 2012


Keng Ciak = dari bahasa hokkian, artinya: pilih pilih makanan

Gue ini termasuk pemilih dalam hal makanan. Kontras, mengingat gue pernah punya cita-cita jadi pemandu wisata kuliner, gara-gara sirik ngeliat ketenaran Bondan Winarno di TV. Yah, gue memang labil, apa aja gue jadiin cita-cita.

Yang gue maksud pemilih disini bukan maksudnya milih milih makanan mahal atau murah. Gue malah doyan banget singkong, gue juga doyan banget keju. Tapi,
Pernahkah lo mengenal orang yg nggak makan daging-dagingan (ayam, sapi, babi, kambing, kelinci, dsb.), bukan karena dia vegetarian, tapi karena nggak doyan??
Yess, gue lah orangnya!

Gue lebih prefer makan sayuran daripada daging-dagingan. Bener deh, gue malah nggak suka makan makanan keren kayak steak, barbeque, drum stick, atau fried chicken. Gue sih bukan vegetarian sebenernya, gue masih mau kok makan seafood, nugget, sosis, burger, bakso, mi ayam, sate, rendang, susu, telur. Nah, mungkin orang heran gue nggak doyan daging kok mau makan gituan? Memangnya nugget, bakso, rendang, dll itu bukan daging? Duh agak ribet sih gue ngejelasinnya~
Intinya, gue itu makan tergantung mood. Masalahnya entah kenapa kalo ngeliat daging-dagingan dijadiin makanan gitu, cara makannya dicabik-cabik, gue langsung jadi badmood, langsung kebayang hewan-hewan itu pas masih hidupnya, berlumuran darah, amis, hiiii!

Gue suka seafood sebenernya. Tapi berhubung dalam keluarga gue berpotensi penyakit kolesterol, gue jadi mengurangi. Selain itu juga gue males sih mau makan ikan banyak tulangnya, mau makan kepiting males bukain cangkangnya, mau makan kerang juga males buka, makan cumi sama udang kolesterolnya tinggi banget. Yah ujung-ujungnya sekarang gue udah jarang banget deh makan seafood. Paling untuk memenuhi gizi protein gue makan perkedel, bakso ikan, tahu tempe. Hahhaha :D

Temen-temen gue yg tau hal ini udah hapal banget bawaan bontot gue kalo sekolah bahkan sampe sekarang gue udah kuliah, gue selalu makan sayur yg kesannya vegetarian banget. Orang-orang bilang itu aneh dan bodoh, padahal menurut gue sih nggak ada yg aneh kok doyan sayur. Malah bagus dong, selain sehat juga lebih hemat :p

Heran memang, padahal bukannya gue nggak terbiasa loh makan daging-dagingan. Dulu beberapa tahun yg lalu gitu gue makan kok semuanya. Malahan gue pernah makan daging monyet hasil buruannya Om gue, gue pernah makan biawak dan ular karena katanya bisa menghaluskan kulit, gue pernah makan 4 kuning telur setengah mateng yg amis setiap hari dan pernah makan jus daging sapi untuk penambah stamina karena dulu gue atlet, gue pernah makan kodok pake kecap karena nyokap suka masak itu. Jadi, gue juga nggak tau sejak kapan gue mulai pada nggak doyan ini-itu kayak sekarang.

Well, lo boleh menganggap gue aneh karena doyanannya sayuran, sama seperti gue yg menganggap lo aneh, kok bisa sih doyan daging?
Setiap orang punya kedoyanan masing-masing, ya nggak usah diurusin sih. Semau-mau dong..

You Might Also Like

2 comments

  1. makan sayur bagus kokkk, semua harus seimbang aja ;)

    Herdiana Surachman
    DELUXSHONIST | TWITTER | BLOGLOVIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks kak her!!
      susah sih kalo orang suka milih milih :p

      Delete

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)