Aksi muda tolak kenaikan BBM

Wednesday, March 28, 2012


Bahan bakar minyak a.k.a BBM memang jadi topik heboh beberapa hari ini. Dari semua obrolan di warung kopi, kampus, sampe status di jejaring sosial, semua mempermasalahkan ini. Dari lapisan masyarakat bawah, menengah, sampe kalangan atas. Ah bosen!

Puncaknya tanggal 26-27-sampai tulisan ini dibuat,28 Maret. Bahkan di kampus USU, para aktivis mulai kumpul untuk berdemo dari pagi, sampe selesai demo malem! Gue heran, mungkin sebagian besar merelakan jam kuliahnya. Demi ya demiiii! Mereka berkeliling masuk ke fakultas-fakultas, ngajak para mahasiswa dari fakultas apapun untuk ikutan gabung demo menolak kenaikan BBM. Heboh! Bayangin aja, sampe masuk fakultas segala!

Gue yakin, para mahasiswa aktivis itu bukanlah orang-orang bodoh. Mereka pasti tau banget kok dampak nya berdemo. Mereka juga udah tau bahwa nggak akan ada perubahan lagi tentang kenaikan harga BBM. Berapa persensentase BBM nggak jadi naik hanya karena para pejabat mendengar aksi mereka? Kenyataannya, kenaikan harga BBM itu udah diatur sama para pejabat negara, udah keputusan mutlak. Jadi rasanya, sangat membuang-buang energi banget ya ikut berdemo, panas terik, jalan kaki jauh-jauh, cuma untuk teriak di toa dan mengganggu lalu lintas. Bikin macet! Nah, jadi buat apa? APA?!

Mereka bilang, mahasiswa itu 'agent of change'. Beh, kedengerannya memang kereeen banget kan! Padahal dipikir-pikir, kenapa harus mahasiswa yang disebut-sebut sebagai pembawa perubahan itu? Memangnya mahasiswa bisa apa? Kalo cuma menyampaikan aspirasi, semua orang juga bisa, nggak perlu jadi mahasiswa dulu. Mahasiswa bisa berdemo, petani pun berdemo, buruh pabrik pun juga berdemo. Mereka semua sama aja, sama-sama suka berdemo. Nah, jadi kenapa mahasiswa disebut lebih keren? KENAPA?!

Semua orasi berasal dari mahasiswa. Mereka bilang, "jangan ngaku mahasiswa kalo belum beraksi". Oke, gue memang mahasiswi. Tapi sorry kalo gue nggak mendukung aksi demo. Gue bukannya nggak demokratis, tapi gue cuma berpikir realistis aja sih. Tenang aja, status mahasiswa/i nggak akan berubah cuma karena lo nggak ikutan demo.
Aksi? Makan tuh aksi! Yah itu pun, kalo bisa dimakan~

Jadi, apa motif sebenernya dibalik aksi demo itu? Ya, logika aja sih. Mahasiswa itu pemuda. Pemuda itu butuh eksistensi. Nggak perlu mengelak, udah jadi rahasia umum bahwa semua orang ingin dikenal publik. Bahkan gue yakin, cuma segelintir dari para pendemo itu yg bener-bener niat menyampaikan aspirasinya. Sebagian cuma diam, sebagian kipas-kipas, sebagian pengen ikut seru-seruan, sebagian tebar pesona, sebagian pengen ngerasain gimana sih rasanya turun ke jalan, dan sebagian lagi cuma ikut-ikutan temen dengan alasan solidaritas. Semakin heboh, semakin rame, maka mereka akan semakin senang. Hahaha, ngerasa belum gaul kali ya, bung, kalo belom ikutan berdemo?! Kalo gitu harusnya ajakan demo nya diganti, "jangan ngaku mahasiswa gaul kalo belum ikutan demo!"


Gimanapun, mahasiswa berdemo itu wajar, bahkan demonstrasi itu dilindungi UU loh. Asalkan nggak anarkis. Tapi, melihat antusiasme para demonstran, siapa yg bisa nge-jamin bahwa nggak akan terjadi tindakan anarkis? Gimanapun, demonstran juga manusia. Kalo udah teriak-teriak dari pagi-sore, jalan kaki jauh, dan kejemur, tapi aksi nya nggak dipeduliin, pastinya mereka panas dan jadi emosi. Akhirnya? Bisa ditebak orang yg lagi emosi bisa memunculkan tindakan anarkis. Walaupun nggak diladenin, paling nggak, ada rasa puas kalo udah menghancurkan sarana-prasarana umum lah ya..
 

--->>> Pada akhirnya, jangan salahin mahasiswa berdemonstrasi rame-rame. Ini semua cuma masalah usia, dan jiwa pemuda yg masih labil~

You Might Also Like

3 comments

  1. nama aja MAHASISWA. tu sdh jelas artinya pelajar level tinggi. mustinya bukan hanya bisa demo di jalanan aja tapi demo juga di jalur yg benar. pakai pengetahuan n alasan yg jelas.
    Kalo pk alasan usia n jiwa muda, sampai kapan pun, mahasiswa cuma bisa demo jalanan
    :)

    ReplyDelete
  2. ko ervan: yes, bener banget tuh. harusnya aktivis lebih kreatif lagi dalam menyampaikan aspirasi.

    ReplyDelete
  3. nice blog:)
    please visit me in free time:)
    http://mesmerize87.blogspot.com/

    ReplyDelete

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)