Batik Cultural

Tuesday, October 04, 2011


Sorry for the late post. But I think it's not too late to say,
Happy Batik Day!
As Indonesian citizens, we always celebrate it every October, 2nd. And what a coincidence, this year falls on Sunday.



Batik memang pantes jadi kebanggaan. Kebanggaan bagi kita semua, orang-orang Indonesia yg cerdas dan eksotis. Batik itu merupakan suatu karya seni, seni yang sangat sangat keren. Butuh kreatifitas tinggi, skill unik, dan teknik yg ahli. Dengan kreatifitas, bisa-bisanya si pengrajin memikirkan motif apa yg akan dibuat. Dan lebih keren lagi, batik itu nggak cuma sekedar print ataupun cap, tapi juga ada batik lukis. Ya, dilukis! Bisa dibayangkan?


Memang, sikap nasionalis nggak bisa cuma diliat dari cara berpakaian aja. Mentang-mentang pake batik, terus dianggap nasionalis? Sekedar pertanyaan, kenapa bikini dan hotpants nggak pernah dibuat dalam motif batik? Ya, karena itulah pentingnya sebuah nilai, nilai kebudayaan. Bagaimana sikap kita sebagai warga negara Indonesia yg baik, menjunjung budaya timur yg elegan, tapi sopan. Bukan nya malah mempertontonkan aurat. Boleh aja mempertontonkan, asal disesuaikan dengan tempat, keadaan, dan kondisinya.


Membangun kebudayaan memang nggak pernah kelihatan heroik. Karena dibutuhkan komitmen, ketekunan, kesabaran, dan juga konsistensi. Jadi bukan cuma semangat sementara kayak jamannya revolusi. Sebisa apakah kita mempertahankannya, membuat nilai budaya itu semakin mahal dari hari ke hari, ataupun cuma sekedar ikut berpartisipasi. It's according to us!

You Might Also Like

0 comments

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)

INSTAGRAM