Lika liku si pengendara muda

Monday, July 04, 2011

Di post ini, gue pengen ngebahas tua-muda dalam konteks 'pengendara'. Yess! Kenapa harus pengendara? Karena di jaman serba transportasi ini, di jalan raya tuh udah banyak pengendara muda, baik mobil ataupun motor. Dan gue sebagai salah satunya, perlu menegakkan emansipasi (waahh bahasa gue dong!) sebagai pengendara muda itu.
"Yang tua yang lebih berpengalaman".
Iya sih ya, memang. Orang yang lebih tua itu kayaknya lebih banyak makan asinnya garam di laut, dibanding yang muda-muda. Pernah dulu ada iklan rokok yg bilang gini,
"yang muda yang gak dipercaya"
Memang bener apa gitu?

Photographer: 4121
Location: kawasan tugu muda semarang
Read the story behind this image on Deviant.art

Gimanapun, yang muda memang harus respect ke yang lebih tua. Dan sebagai pengendara, kadang ya kita harus mendahulukan penyeberang jalan, apalagi kalo penyeberangnya itu udah lanjut usia. Terus ya ngalah sama sesama pengguna jalan, terutama sama bapak-bapak dan ibu-ibu yg sok tua. Tapi kan keki juga dong, kalo seterusnya yang muda gak pernah di-respek sama yg tua. Apa-apa nyalahin anak muda, padahal kan gak selamanya yg muda itu salah!

Contoh nih, lo lagi nyetir (mobil/motor, terserah lo deh), terus tiba-tiba ada yg nyerempet lo. Ternyata yg nyerempet itu pengendara yg lebih tua jauuuh dari lo, dan dia malah marah-marah. Sebel gak sih? Yang salah siapa, yang marah-marah siapa coba!
Boleh aja kok marah-marah kalo emang dia gak salah sih. Boleh juga marah-marah kalo emang dia lebih tua. Ya tapi diliat juga, kalo emang dia yg salah, yaudah gak usah nyolot! Gak usah mentang-mentang lawannya anak muda, terus berasa menang. Apalagi kalo sampe ngabur segala gara-gara takut. Ihh, gak banget ya, cemen! Norak tau gak, kampungan!

Intinya, di mana-mana memang pasti ada genre tua-muda kayak gitu. Dan maklumin aja lah, kalo anak muda sering diremehin, dianggep cuma maen-maen, dianggep gak bisa nyetir, bahkan yg lebih parah nya gak deanggep sama sekali. Tapi menurut gue, salah ya salah aja, mutlak! Gak ada istilah tua-muda kalo menyangkut kesalahan itu. Salah ya salah, bener ya bener. Jadi, gak usah pake nyolot kalo emang salah, apalagi ngabur! Cupu abis. Kalo emang gentle, ya tanggung jawab dong.


PS: Dibuat berdasarkan pengalaman temen gue, yg pernah dimarah-marahin sama om-om pengemudi mobil yg pengecut, norak, dan gak bertanggungjawab.

You Might Also Like

4 comments

  1. #michelle: thanks for visiting, miss. yess, i got this pic from deviantart :)

    ReplyDelete
  2. Yang muda yang dipercaya >>>>> Yoaa ... HAHAHA

    karena yang tua terlalu banyak tuntutan,makanya mudah marah dan selalu cari peluang tuk korupsi...

    hahaha. cayo sista.. terus menulis bagus bagus tulisanya...

    ReplyDelete
  3. #kumis: thanks kumis. hahhaa, opini yg pas nih :)

    ReplyDelete

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)