Menanggapi omongan orang

Saturday, March 12, 2011

Beberapa hari yg lalu, gue sempet ngobrol-ngobrol ama seorang temen tentang kepercayaan diri. Tentang gimana pendapat orang tentang kita, dan gimana perasaannya. Ini menarik banget buat dibahas lebih lanjut, secara belakangan ini gue sering denger orang yg gak PD dengan dirinya sendiri. Kebetulan waktu itu topiknya tentang postur tubuh.

Kasus 1
"Aku pengen kurus loh, Dress. Ntar gak laku-laku lagi, kan malu aku diejekin orang terus."

Kasus 2
Ada temen gue yg gak suka pake rok. Gue coba motivasi dia, dan waktu itu sekali-sekali dia mau nyoba juga. Dia udah mulai PD pake rok, dan tiba-tiba ada yg ngomen-ngomen gak jelas gitu, ngomongin dia gak pantes pake rok lah, sok cakep lah. Dan itu ngejatuhin rasa percaya diri nya dia. Ujung-ujungnya dia males pake rok lagi karena omongan orang-orang gak penting itu. Hello, siapa elo sih sok ngasih komen gak penting?

Kasus 3
"Aku malu loh, Dress ketemu si doi. Soalnya sekarang-sekarang ini aku masih jelek, ntar deh kalo aku udah berubah penampilan."

Eh, peduli amat lagi omongan orang tentang lo! Kalo lo mengalami hal yg sama atau mirip-mirip kayak gitu, gue cuma mau ngasih saran (sok ngerti aja sih gue nya): Gak semua pendapat orang harus kita denger!
Ya, nasehat itu memang perlu, sekali-sekali kita memang harus ngedengerin pendapat orang lain juga. Tapi, gak semua nya! Ya sebisa-bisa kita sendiri lah ngaturnya, mana yg pantes didenger dan mana yg nggak.
Kalo semua pendapat orang kita dengerin, yg ada malah lo gak maju-maju, bahkan gak jadi diri lo sendiri lagi. Terlalu musingin omongan orang kan juga gak bagus?

Fyi, banyak hal yg bisa dibanggakan selain dari postur tubuh kali. Lo gak harus punya body yg bagus buat hidup senang. Gue sendiri juga gak langsing kok :) Masalah bakal laku apa nggak, itu gak usah terlalu dipusingin. Karena kalo seseorang beneran sayang sama lo dia akan nerima lo apa adanya, bukan dari postur tubuh lo. Dan gue yakin suatu saat lo pasti dapet orang kayak gitu!
Lo juga gak harus malu pake rok cuma karena dianggap aneh sama orang-orang. Jangan sampe omongan orang jadi ngerubah pribadi lo, jangan sampe comment orang jadi ngejatohin rasa percaya diri lo.
Dan lo gak perlu berubah penampilan cuma gara-gara lo ngerasa lagi jelek. Oke, sekarang lo ngerasa jelek, terus besok kalo lo udah cakep apa lagi alasannya? Sekali lo ngerasa jelek, lo bakal jadi jelek selamanya tau gak! Makanya jangan pernah ngerasa jelek.

Mungkin gue perlu berbagi satu prinsip buat ngeyakinin lo pada biar gak minder. Ini ampuh banget buat gue pada saat gue ngerasain hal yg sama kayak diatas, gue akan inget ini:
Hidup ini ya hidup gue, bukan hidup lo. Jadi, kenapa juga gue harus ngedengerin pendapat lo?
-- Dresiani Mareti --

Yess, lo harus bisa ngatur hidup lo sendiri. Jangan mau diatur orang lain! Jadi manusia itu harus punya prinsip, harus punya kepribadian sendiri. Hidup ini punya lo, dan lo tau mana yg terbaik buat diri lo sendiri, guys!


You Might Also Like

0 comments

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)

INSTAGRAM