Is there anything wrong?


Maybe for many peoples, there was something wrong with my choice. I talking about my college. I don’t want to be a person who have negative thinking, but I realized that they thought so.

Temen2 gw mungkin kaget begitu tau gw ada dimana sekarang, kuliah dimana, yg kayaknya gak ada bagus-bagus nya itu (menurut mereka mungkin!). oke, mereka paling cuma komentar,
 
“ya ampun dres, jauh banget sih lo!”

Tapi dalam hati, who knows? Mereka bisa aja mikir, bahwa gw kuliah di sembarang tempat. Apa aja, yang penting PTN gitu! Sekalipun jauh saking ngebet nya masuk PTN, jurusan apapun jadi.


Pertanyaan nya,
KENAPA HARUS MEDAN?


Jawabannya,
GW SENDIRI JUGA GAK TAU!

Gw gak pernah mikir bakal kuliah disini sebelom nya. Dulu, kalo ditanya orang,

“Dres, kuliah mana ntar?”

“Belom tau jg, mau nyoba SNMPTN dulu lah, pengennya sih di Jawa. Kalo swasta mungkin SGU.”

See, gw gak nyinggung medan sama sekali! Tapi sekarang, disini lah gw, Medan!


Pertanyaan lain,
KENAPA HARUS KEDOKTERAN GIGI?
Padahal kan awalnya gw milih teknik industri, farmasi, bahkan dulu2 gw sempet mikir manajemen.
Dan jawabannya lagi2,
GW GAK TAU, MUNGKIN YAH INI TAKDIR GW!


Kadang gw mikir, apa bisa sih orang selengek-an kayak gw akhirnya bakal kerja di bidang medis? Kok agaknya gak sesuai aja gitu. Tapi setelah gw survey, dan gw udah lihat gimana banyak juga senior2 gw yg jauh lebih selengek-an dari gw, preman2 FKG nya lah, mereka fine aja gitu! Yahh, gw jadi pede aja. Mungkin setelah terjun ke masyarakat, gw bakal berubah, gw bisa bersikap professional kan! Kalo sekarang, memang mungkin susah. Wajar lah, gw kan baru juga lulus SMA kemaren!

So far, gw tau apa yg dipikirin mereka (sok tau aja sih gw sbenernya). Tapi gw maklum, mereka yg berpikir negatif tentang pilihan gw ini, mungkin gak tau seberapa perjuangan gw untuk masuk PTN. Ini juga untung2 masih ada yg mau nerima gw! Ternyata memang, usaha itu gak akan sia2, walaupun apa yg diharapkan gak terpenuhi seluruhnya sih. Tapi gw gak nyesel ada disini sekarang! Like my parents said,
“ Gak salah ce kamu di Medan sekarang, gak salah kamu di FKG USU. Ternyata kamu memang dikasih yg terbaik!”
Semoga bener, ini beneran yg terbaik buat gw! Amin.

Learning by doing

Di postingan sbelumnya, gw udah ngebahas tentang fanatism. And today, I want to continue. I’m not a fanatism person. I like to learn everything, during it’s useful.

Akhir2 ini gw sering banget pergi2. Bahkan malem minggu kemaren, gw shopping ama Henny dari siang sampe jam 10 malem! Gilak! Tapi tenang aja lah, selama gw masih bisa jaga diri. Gw kan gak pergi clubbing atau ngumpul2 gak jelas ama AGM (anak gaul medan) gitu! Gw pergi sama sesama anak rumahan kok, hehehee.

Trus minggu kemaren gw diajak ke Kota Pari sama Henny. Yah gw pikir sih itu tuh nama kota wisata atau apa gitu lah ya. Daripada gw nganggur, gw ikutan aja deh. Nah ternyata kita pergi sama rombongan gereja Methodist Kristen. Asli, tadi nya gw mikir kalo:

- ke sana naek bus, rombongan, rame!
- Kota Pari adalah kawasan wisata yg oke abis.
- sampe sana bakal jalan2, wisata, foto2, dll yg asik2.

Ehh tau gak sih gimana kenyataannya?

- ke sana naek minibus, bau knalpot, dan cuma segelintir orang aja lho yg ikut!
- Kota Pari adalah sebuah desa jauh, yg bau ternak.
- sampe sana ternyata orang2 mau ngajarin anak2 sekolah minggu gereja, diskusi alkitab, dsb.

Nah lho, gw gak tau apa2 tentang alkitab! Yes, i’m buddhist!
Tapi bukan berarti gw nyesel sih, jadi pengalaman baru aja deh buat gw. Seenggak nya pikiran gw lebih terbuka tentang agama2 laen, dan temen2 baru jg. Sekaligus ngerasain suasana desa gitu, asik sebenernya. Dan gw berusaha menikmati aja, walaupun agak kecewa jg karena ternyata beda jauh dari khayalan gw! Hahhaaa.

Selesai itu, akhirnya gw ama Henny foto2 aja di kebon belakang. These are the pics:



Huahh, lucu memang pembelajaran agama gw. Dari sd-smp gw sekolah di sekolah Katholik, jadi pastinya gw udah kenal gimana Katholik. Trus SMA gw sekolah dgn 5 agama, dimana gw berbaur, walaupun mayoritas tetep muslim. Pastinya gw jadi tau jg sedikit2 tentang muslim, ikut kegiatan2 mereka, jadi lebih menghormati mereka lah. Dan sekarang, temen2 batakness gw beragama Kristen, dan kadang2 gw ikutan jg acara2 keagamaan mereka. Hahhaa, intinya learning by doing aja.

But I’m buddhist, and proud of it! Keyakinan gw 100% deh!

Just joined in


I realized that fanatism is not good. So, I tried to blend in with the others.

Today, I attending PMB for Christian in Gema. Yah, maybe for some people, I looked like didn’t have identity. Huahh, how important the identity for you? I believe that identity can be built by improvement, by faith. I’m buddhist, and I’m so proud of it. But it’s my way to enjoy the life, to socializing with another fellowship, and I like to attending the events.

Like Santi said,
“Dres, I salute you! Because you want to attend this event, even you’re from different religion!”

Thanks for your appreciate! But I join this event for myself, and it’s not appropriate at flattered.



The text


Maybe tomorrow, I will join “bubar” (buka puasa bersama). Hahha, it will be fun I hope!

What a wrong size!

Tomorrow already started for block exam! Even I haven’t prepare anything yet, but instead to blogging. Huahh, I'm crazy!

I will tell you, that yesterday I’ve received my lab coat. It's for practicum in the laboratory, and they said it would be use until we co-ass. But it’s very very big, you know! It’s wrong to choose the L size, I should choose the S one.

 I look like wearing my dad's coat!
Ehh by the way, am I fit enough to be a dentist?


I like the logo!


We were also given 2 dusters. But I wonder it's for what ya? Really useful?

Maybe for napkin when dinner time?
Swab the floor? Or wiping snot? Hhahaa!


Okee, after this I'll study to prepare the test tomorrow. Although I don't know what should I learn? Wish me luck!

Become a colleger is not really important

Gw udah sering denger, kalo kuliah bakal beda bener sama sekolah. Ya iyalah, masa mau sama? Tolong deh, gak perlu dikasih tau jg smua orang udah tau!

Menurut gw, perubahan yg paling besar itu pada cara berpakaian. Yess! Kalo dulu sekolah harus pake seragam, yg kadang bikin kita berasa cupu itu. Berasa nya pengen cepet2 lulus, dan ngebuang seragam2 itu. Tapi sekarang, setelah kuliah gw malah bingung setiap hari harus milih baju apa yg mau gw pake. Apalagi ditambah peraturan pakaian, harus berkerah gak boleh oblong, no jeans, no short. Nah lo, jadi harus pake apa gw?

Anak2 laen pake celana bahan, yg kesannya ibu-ibu atau carrier woman banget itu. Dewasa? Gak juga, malah sok dewasa nanti kalo gw pake. Akhirnya, gw memutuskan pake dress aja ke kampus. Alasannya, karena dress adalah pakaian yg sangat simple dan gak neko-neko. Kadang, gw pake dress pendek, tapi ditambah legging jg. Memang ada peraturan gak boleh pake legging? Perasaan peraturannya cuma no jeans and no short doang kan! Daripada gw lepas legging nya, trus pake dress pendek doang? Hayoo hayooo!
 
 Batik dress

 My father's shirt


Dan rese nya, anak2 yg laen selalu komen trus apa yg gw pake. Ini lah itu lah, ah repot deh! Gak ada hari tanpa komen mereka deh agak nya,

“Dres, kau kok pake dress trus? Biar sesuai sama nama ya?”

Atau
“Dres, kau koleksi banyak tali sepatu yah? Ganti2 trus?”

Atau juga,
“dres dres, berani kali kau pake legging disini”

Dannnnn
“Dres, kenapa kau pake kemeja bapak mu?”

Aduuuhh aneh2 deh komentar nya. Ini cara berpakaian gw, dosennya nya aja biasa2 aja gitu! Kok mereka repot bener! Biarin sih gw berekspresi. But they’re my friends, and I respect their opinions.

Perubahan laen adalah cara belajar. Bayangin, kita smua yg berjumlah 206 orang, dijadiin satu kelas aja lho di ruangan yg bernama Nazir Alwi! Gila, ini sih gak asik bgt deh belajarnya. Jadi gak efektif gitu. Malah berasa ikut seminar, bukannya belajar! Apalagi buat org kayak gw, yg biasa nya telat. Yaudah deh, bakal kebagian duduk di belakang2. Tapi gak juga sih, karena kadang gw bisa aja nyelip ke depan buat satu orang. Hehheee.

Bahkan, dosennya yg mana pun gw gak ciren! Hahaaa, lupa gitu wajah2 nya. Tapi ada jg kok yg gw tau, parah bener gw kalo gk tau dosen sama sekali.

Trus perbedaan cara bergaul. Yah, saking kebanyakan orang gitu, kita gak kenal lagi deh siapa2 aja temen kita. Beberapa sih kenal, tapi gak semua. Bahkan, gak setiap hari kita bertatap muka dgn orang2 itu, bingung nyari nya di tengah keramaian gitu. Mau gak mau, ujung2 nya ada lagi geng-geng an. Iyaa kalo dipikir2 sih memang wajar lah, gak mungkin kan sebanyak 206 org mahasiswa itu bergaul secara bersamaan?

So far, ini lah perbedaan yg gw rasakan selama jadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa gak terlalu penting sebenernya, kan cuma status aja. Intinya, siswa maupun mahasiswa tetep sama sama belajar, ngejar ilmu. Jadi, yg penting itu adalah ilmu nya, bukan mahasiswa nya!

The real destroyer, called LATE!


Today I’ll tell you my silly things, my bad habbits that hard to stop. LATE! Yah, gara2 telat hari ini gw malu abis! Hahaha, kalian jangan ngetawain gw yah waktu baca ini. Awas aja klo ada yg ketawa! (Agaknya malah gw yg bakal ketawa-tawa ngetawain diri sendiri!)

Ceritanya kan ada event PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru) bagi mahasiswa baru Buddhist. Dari beberapa minggu lalu, udah dipublikasiin lah acara ini. Trus di data siapa2 aja yg mau jadi volunteer buat pengibar bendera nya. Gw mau aja ikutan itu, daripada gak ada kerjaan! Yaudah, mulai deh latihan2 gitu dari minggu kemaren, udah sekitar 2 kali latihan lah. Dan gw dateng trus, gak pernah absen deh latihan.

The invitation


A little intermezzo, sebenernya gw sempet bingung apakah bakal ikutan acara PMB, atau milih acara leadership PATRIA di Brastagi? Brastagi cong, gila pengen bgt gw kesana! Skalian mengakrabkan diri ama anak2 PATRIA Medan, selama dsini gw blom pernah bergaul sama mereka! Tapi, sebagai mahasiswa baru, gw jg perlu bergaul sesama KMB kan? Yah, seenggknya ngenal lingkungan kampus dulu lah. Apalagi ini tuh acara wajib dateng! (kata senior nya, tp masa sih?). Dan masalahnya, ke-2 acara itu di hari yg bersamaan, yaitu tgl 22 Agustus ini. Huahh, gk mau milih gw sbenernya! Tapi, yah memang hrs ada yg dikorbankan. Gw milih PMB.

Hari ini lah acara nya, mulainya sih jam 12 an gitu di Gelanggang Mahasiswa (GeMa). Tapi pengibar bendera disuruh dateng jam 7 pagi buat gladi resik dulu. Nah kan, siapa yg gak males coba bangun pagi2 gitu? Hari minggu lagi! Yahh, kayak kebiasaan gw yg slalu mengundur2 waktu. Dan akhirnya gw nyampe di GeMa jam 9! Parah abis kan telat nya! Hhahahaa.

Untungnya gw gak sendirian! Banyak jg yg telat, dan gw sama satu org temen gw dari FKG jg. Huahh! Jadi pas kita dateng, mereka udah pada latihan dari tadi, dan kita bengong karena blom kebagian bendera. Yaudah trus kita disuruh duduk, nunggu bendera ama senior. Senior nya rada bingung nyariin bendera lg. Agaknya sih kehabisan bendera gitu, wahh tanda2 gak baek lah pokoknya! Dan ternyata memang pertanda kurang baek,

“Dek, maaf ya, tempat kalian udah digantikan sama org laen. Saya sih jg gak tau siapa yg gantiin. Jadi maaf yah dek!”

Ehmm ehhm ehhmm... Bingung gw mau jawab apa...

Btw, kalian ngerti kan maksud senior itu? Yah, intinya kita gak jadi ikutan ngibarin bendera. Huahh!! Ya iyalah, gw jg sih telat gak kira2! Aduuhh, siteng bener gw cooonngg! Asli, malu ama anak2 laen. Tapi okee, kita tetep aja berusaha tenang, bersikap masa bodoh, sok cool, menyembunyikan malu, dsb. Temen gw itu bilang ke gw,

“jadi? Apa kita pulang aja nih?”

“apa gak malu2 in tuh, kita udah kesini trus pulang lagi?”

“lebih malu lg kalo kita cuma duduk dsini, nunggu sampe jam 12 kan?”

Gw pikir2, bener jg sih dia! Ujung2 nya, kita keluar dari GeMa, pulang! Behh, apalah rasanya jadi kita ini? Ckckck. Trus jam 1 nya, gw balik lagi untuk menghadiri acaranya. Ihh, malu bener lho gw mau balik lagi itu. Haduuh haduh! Trus ngeliat opening ceremony paskibra nya, yahh sedikit sakit hati sih. Padahal mah udah latihan trus, dan ternyata gak berguna bgt tuh latihan. Hahahaa, gilak gara2 telat nih!

Valuable lessons: late means throwing away your opportunity!

----->>> So, ada yg ketawa setelah baca ini?

Attending an important event

I like to attend many events. It gives the new experience and very useful for our knowledge.

Yesterday, I’ve attended Dies Natalis USU 2010. It’s an annual event to commemorate USU’s birthday. Many important placemen came there. Soldiers, governor, rector, lecturers.

A little boring I felt, because of the program that monotone. Speeches, greetings, ceremony, and also orchestra. But it’s very crowded! Largely new students of 2010 were there, from each faculties, wearing white and black clothes.





The yard full of flower board


------>>> Guess what! There was a new student from Lampung there! He is my elementary school’s friend. So, he chat with me at FB yesterday, and said,

“Dres, while in the auditorium, you go home first ya? I saw you.”

I really excited, finally there’s Lampungnesse in USU! Hahhaa. He is in pharmacy faculty. Good! So if someday I get a lesson about drugs, I would ask him. Heheee.

The constrained project



I can’t be a greenlover here, because I can’t avoid the plastic bag. Everyday when I buy some foods, I was given a plastic bag by the shopkeepers. And unfortunately, I can’t reject it too! I use the motorcyc, and I need the plastic bag to bring it. Huahhh, it causes a lot of plastic bag stacking on my boarding room!

But I will join Greenpeace Organization here. Hehhee, in a big town like Medan, there are many organizations around here (not like a small town like Lampung, but I really miss it!). I hope to reduce the amount of plastic in this earth. Wanna join me?

How to start it?

For several times I asked my seniors, 
“Bang, if we want to join tennis club in university, how we could?”

And for several times too, they answered,
“ooh, you can come to tennis field in gate 4, near BNI Bank. And meet the players there.”

“but, if the players are the old men, not the pupils, so how?”

“maybe they’re the lecturers. You can also join them”.

Oh my god, its really the bad answered! Even they didn’t explain me, how I can register it. It’s impossible for me to come into the field, and suddenly I play with many people that I never knew, right? Moreover, it’s fasting month. Who wants to play tennis there?

The one solution is, I should survey the condition about this. Tomorrow, I should have seen the field and checked anyone who played there, even only throught. Huuuhh!

Ngapain aja?

We need to sosialize in this life. But, how if it caused misleading others? Whereas, we dont mean like that. Definetely, we will feel uneasy, right? Sometimes, I realized this effect. Many people dont understand me, but who care?

# Kemaren ada kejadian lucu deh. Gak terlalu lucu sih sebenernya, hehhee. Jadi kan, pulang kuliah gw mau pergi bareng Henny ama Yanti. Karena gw bawa motor ama laptop, jd gw balik ke kost dlu narok barang2 itu. Trus langsung balik deh ke kampus naek angkot, dan nunggu di depan pintu 1. Ehh, ternyata masih ada pemberitahuan tambahan lah di FKG, jadi pulang nya diundur. Nah lo, gak mungkin kan gw balik ke FKG lagi scara gw udah ganti sendal jepit! Jauh pula jalannya. Yaudah, gw tetep nunggu mereka di pintu 1 deh cengok.

Gw celingukan aja, ngobrol2 ama satpam lah, noton TV ama satpam lah. Sangkain org2 lewat, gw ini tamu nya si Pak Satpam kali! Hahahaa. Nah, gw ngeliat satu Abang Senior gw lg di pintu 1 jg, nunggu org mungkin. Dia liat gw jg taunya, trus dia senyum2. Gw samperin deh dia, trus gw ajak ngobrol tuh Abang. Kebetulan dia udah Co-Ass, dan gw tanya2 tentang itu. Mungkin lumyan susah jg ya pas Co-Ass? Ehh, lg ngobrol2 gitu, tau2 ada cewek nya dateng. Hhahaa, jd gak enak kan gw! Ntar kirain gw mau kegenitan ama senior lg. Ihhh!

# Oh ya ngomongin jalan2, kmaren gw jadi ke Medan Mall! Bukan di mall nya sih, deket2 situ ada pasar kayak pusat grosir gt sbnernya. Hahaa (ngomongnya Mall, ujung2 nya ke pasar jg gw). Nah, ksitu lah gw ama Henny, Yanti. Beli baju dsini susah bener, kbanyakan toko nya jual grosiran gt deh. Apalagi penjualnya judes2, idihh jualan kok gitu! Tapi yah akhirnya dapet jg, huahuaah!

 I bought these: 2 shirts and 1 dress.


# Kemaren minggu nya, gw bisa jg ke KMB (Keluarga Mahasiswa Buddhis). Harusnya sih udah lama nih acara, tp kok gw baru tau skarang ya? Hahahaa parah Dres! Buset, rame bgt Buddhis di Medan. Anak2 baru nya aja ratusan dr berbagai fakultas. Jauh deh dari Unila. Dan kita makan siang di Kalasan (ini nama rumah makan, tapi menunya bukan ayam kalasan lho!) bareng senior2 jg.



# By the way, di gang kos gw banyak rumah penduduk (Hahaa, iyalah emang rumah siapa!). Nah, kemaren pas gw jakil di gang ini, ada ibu2 yg ngajak gw ngobrol gt deh.

“Dek, baru yah dsini? Darimana asal? Bla bla bla.....”
 
“Iya bu, saya kost tuh di Horniman House, dr Lampung saya Bu. Bla bla bla..”

dst.

Wah, ada jg yg mau negor gw di gang! Hahaha. Jadilah gw kenalan ama Ibu2 itu, ditawarin maen2 lah kerumahnya, sgala2. Medan emang oke. Yah, bgini lah hidup baru gw! Hahhaaa, gaya.


# Sampe skarang, gw udah lumayan tau jalan2 di Medan. Hahaa, seengak nya sekitaran Padang Bulan deh. Deket2 situ, selebihnya mungkin nanya2 org. Kayak pepatah,

“malu bertanya sesat dijalan”

---->> Kenyataannya, gw udah banyak bertanya, tapi tetep aja tersesat jg di jalan. HAHAHAHAA!

Be_A_Dress

Hi drezuecisers, maybe you’re wondering, how do I go to campus? So now, I’ll introduce my new motorcyle. Not a real new, it’s about 3 weeks ago, when I just arrived here, Medan! We can call it BeADress. Do you know what's the meaning? So simple, it means ‘Beat merah nya Dress’. The other mean is, 'there’s a motorcycle who wants to be me'! Hahhaa, crazy!

Previous, I didn’t want to buy the red one. Even I hope the new Honda Scoopy! But what can I do, to get a new Scoopy or another colour needs a lot of time to wait. Whereas, I need the motocyle ASAP. So, I bought the red one. At least I have a new motocycle, right? And I think the red one is not really bad, yah good enough.

It's BeADress


Maybe BeADress is still young, I know. But only 3 weeks, it had a lot of experience guys! Yes, it’s clear, who’s the driver? ME! Hahhahaa
.
- Had fall down for many times
- Had crashed into the truck
- The right-rearview-mirror is already broken
- Had crashed a sedan’s bumper, so its a bit scuffed paint
- Ever stopped by the police for 2 times, because of me!

Hahaha, what a very naughty mototcyc!

But the sorrow is, I must take care of it alone! Something like go to Service Center, buy many things it need, go to Doorsmeer, take care about its permition letter, and everything about it. Huahh, I didn’t know it before and now I must do that! So pity me!

Cultural Differences


When we moved to another place, actually we’re learning many things. I realized how become an independence person, and how to face the life.

Yah, di Medan gw belajar banyak hal. Mulai dari cara hidup, mandiri, bersosialisasi, pemikiran, sampe belajar bahasa dan budaya! Mungkin topik ini agak gak terlalu penting bagi kebanyakan anak2 rantau lainnya, karena mereka jg merasakan hal yg sama. Tapi percaya deh, kalo gak banyak anak Lampung di Medan, dan disini gw bener2 ngerasa asing sebagai satu2 nya anak Lampung di lingkungan ini. Intinya, sebagai anak rantau Medan, gw mungkin beradaptasi lebih berat daripada anak2 yg merantau ke daerah lain.

Gw udah mulai mencuci bak mandi sendiri, nyapu, ngepel, cuci piring, cuci baju, beli kebutuhan sehari2, ngurus motor, dll. Ini pelajaran oke bgt menurut gw, sbg penuntun hidup. Hahhaha! Pokoknya urusan rumah tangga udah mulai bisa gw kuasai. Gw udah mulai terbiasa, jadi beban itu gak berasa terlalu berat lg. Tapi agaknya, ada masalah lain!

Dari awal, gw udah merasa budaya di sini jauh berbeda. Terutama dari sudut pandang ras. Ya, itulah sebenernya yg mau gw ceritain. Gw masih merasa aneh bahkan sama status gw sendiri. Gw adalah seorang chinesse Lampung, dari situ udah berbeda dgn chinesse Medan. Mereka berbahasa Hokkien, masalahnya gw gak ngerti sama sekali waktu mereka ngobrol apa. Oke sedikit2 gw bisa nanya, tapi kalo terus2 an kan gak enak jg dong! Tp gw berusaha lah utk ngerti seadanya.

Masalah lain, karena beda bahasa itu, ke-suku-an disini jadi lebih terpetak-petak. Pribuminya mungkin merasa gak nyaman dengan bahasa berbeda itu. Dan parahnya lagi, mereka menganggap gw adalah bagian dari beda bahasa itu, yg kenyataanya gw gak tau apa2. I’m different! Waktu OSPEK, pernah ada senior yg ngomong ke gw,

“dek, kalo udah kuliah jgn sombong2 ya! Jgn cuma bergaul dgn sesamamu aja.”

“iya bang, tenang aja! Dari dulu saya udah biasa bergaul dgn siapa pun. Hehheee.”

Mungkin gw cukup beruntung, karena sebelum ini pun teman2 gw gak hanya dari satu ras. Gw biasa bergaul di sekolah, dgn segala suku. Gw biasa di lapangan tenis, dgn kalangan umur berbeda2. Gw biasa di vihara, dgn pelajaran sopan santun. Jadi pergaulan karena beda ras, bukan masalah yg terlalu rumit lah.

Masalah lainnya lagi, ternyata gak hanya dua suku itu yg ada di Medan. Ada lg anak2 rantau Malaysia disini. Bahasa mereka mandarin asli, inggris, melayu, atau bahkan India. Sesama rantau Malay pun terpecah2. Nah itulah yg kadang bikin kita discommunication sama mereka. Ada yg bisa mandarin, tapi gak bisa hokkien, gak bisa bhs inggris, atau sebaliknya. Malah ada yg gak ngerti Melayu sama sekali. Jadi harus pakai bahasa apaaa?

Bingung kan, gw harus bergaul dgn siapa sih sebenernya? Seandainya keadaannya gak jauh beda dgn Lampung, mungkin gw akan lebih paham caranya beradaptasi. Untungnya sih di kampus harus pakai bahasa kesatuan Bhs Indonesia. Meskipun kadang beberapa org nyolong2 jg pake bahasa berbeda itu. Yah seenggaknya kalo tujuannya utk belajar bahasa, kenapa nggk boleh sih? So far, keadaan disini masih banyak yg harus gw pelajari dan untungnya temen2 baru gw sangat membantu. Thanks to you friends!

Juga dari bahasa sehari2. Kayak di Lampung, gw udah biasa dgn bahasa Lo-Gw yg kedengarannya gaul bgt itu. Hahhaa. Disini, kita bakal dianggap belagu dgn bahasa itu, jadi harus diubah Aku-Kau. Contoh lain panggilan Abang-Kakak-Adek misalnya. Di lampung, semua senior bisa disebut Kakak, baik cewek atau cowok. Oke, di Lampung memang sebutan Abang itu berasa pasaran bgt, kayak manggil abang becak kali yah? Tp disini itu bahasa sopan lho! Senior cowok bakal tersinggung kalo dipanggil Kakak,

“kau pikir aku pakai rok?” malah judes jawabnya.

Mungkin waktu liburan nanti gw balik ke Lampung, dan kali2 gw udah terbiasa dgn bahasa2 itu, temen2 gw di Lampung bakal ngongek gw abis2an nih! Diketawain deh gw ntar. Hahhaa jadi cupu aihh!

Juga pola pikir yg mungkin jauh lebih agresif disini. Itu budaya yg bagus sebenernya, biar gw jd gak lelet2 amat. Pemikiran mereka jd pelajaran buat gw, dimana baru 3 minggu aja gw disini, gw udah ketemu byk orang2 hebat di Medan.

Begitu deh sedikit gambaran di negeri orang. Hahaa, bakal jadi negeri yg bikin gw kangen karena gw belajar banyak dari sini.

Inaguration at Toba Lake

Last weekend I spent my night at Parapat, Toba Lake with FKG USU’s freshmen and seniors. It’s Inaguration Day (the convivial evening after OSPEK). So sleepy I felt, but the event was nice enough and so impressive. Imagine, we go there with 4 small buses during 6 hours. We start from campus USU at 3 pm and arrived there at 10 o’clock! Huahhh, I was tired!

Mungkin panitia ngaret berangkatnya. Kita sih tetep dateng pagi ke kampus. Bukannya langsung berangkat, malah ada materi dulu lah dari dosen, tanya jawab. Aduuh, mau pergi aja repot! Oh iya, ada cerita waktu materi tanya-jawab itu. Jadi gw mau bertanya sesuatu hal sama tuh dosen ttg organisasi olahraga,

“Mister, kalo kita mau gabung di club olahraga gimana ya? Apa daftar dulu atau langsung datang ke lapangan aja, Sir?”

Dan diluar dugaan, mereka smua ketawa2. Gw gak sadar awalnya, apa sih yg mereka ketawain? Kalian tau gak?!

Ternyata, mereka menertawakan panggilan ‘Mister’ gw itu.


Mungkin disini kedengerannya aneh gitu kali ya? Seharusnya, kita panggil dosen itu ‘Dokter’. (Doi udah jadi dokter gigi profesional gt deh coong!) Hahhaa, okeoke! Mungkin gw akan terbiasa nanti, sikap di SDB masih terbawa. So akhirnya, teman2 dan senior FKG ngongek gw. Yah, mereka jd kenal gw dgn sebutan ‘Mister’. Jadi berasa nama gw bukan ‘Dress’, tapi berubah jd ‘Mister’. Hahhaa, jelek!


 Me and Yanti on Bus 2 (it was really a small bus)!


Begitu sampe disana, kita gak langsung tidur lho. Ada acara2 dulu deh, kayak makan malem, pembukaan oleh dosen, pembantu dekan, ketua panitia, dan lainnya itu. Trus skitar jam 1 subuh, masih ada acara api unggun dingin2 gitu. Sok acara renungan sgala lah, pake nagis lagi, sok sedih aih! Tp setelah itu ketawa2 lg, jd buat apa renungan tadi? Bullshit abis kan mereka!

Di api unggun itulah, sgala kenangan ttg OSPEK berakhir (ciyee bahasa gw gimana dong). Iya, barang2 bekas nya dibakar smua di api unggun itu. Tas karung goni, kalung pete jengkol, nametag, kompeng, dsb. I’ll miss them later. Hahhaa! Selesai bakar2, si senior2 itu keliling minta maaf deh ke kita karena sgala perlakuan OSPEK mereka. Hmmm, dimaapin gak yah? Hahaha, bodo lah, yg penting stelah itu kita makan duren puas2!

Acara baru slesai jam 5 subuh! Parah kan? Jadi lah kita ngantuk2 menuju villa, trus tidur cuma sampe jam stgh 7 pagi. Gilak, gk ngobatin ngantuk deh. Setelah sarapan lelet, akhirnya yg gw tunggu2 dr kemaren kesampaian jg. Kita menyeberangi DANAU TOBA! Wahh, cita2 ku terkabul, hahhaa lebih! Yah, naek boat warna-warni ke Pulau Samosir (Tuktuk dan Tomok). Keren bener deh nih tempat wisata! Aku pengen kesini lagi. Hehhee.



 Nesya, Henny, Ghina, Me, and Yanti



 The girl's villa


 The view of Lake Toba, the beautiful tourist attraction!


The boat


 There are 2 buskers too in the boat! Hahaha, I just find it here.
Btw, the men who sat on the edge of ship are our seniors.
and the middle man who lifted his leg was the most senior jerk!
(we called him 'Kambing')! hhahaa.


We're (me, yanti, henny, and janet) on the boat

Gitu deh pengalaman Inagurasi gw tahun ini. Minggu malem kita sampe di pintu 1 USU diiringi hujan deras, dan besok Senin nya mulai ada kuliah pagi. Huahh, inilah penyiksaan sesungguh nya. Selamat belajar di kampus USU!

The last of torture days

Finally, today is the last OSPEK Day. Yes, we are so relieved! We are already pass this week with a lot of torture. And tomorrow we will celebrate Inaguration Day, going to Parapat in Lake Toba. Hahha, it will be my first time to go to there. They said that Toba Lake is very beautiful, huahh I can’t wait until tomorrow.

Kalian bisa tebak bahwa hari ini gw TELAT lagi! Haha, gila kan 3 hari berturut2 telat dgn alasan ngibul yg sama, yaitu,

“maaf bang telat, temen kost saya sakit, jd saya bikinin dia sarapan dulu.”

Dan mereka masih percaya bahwa temen gw belom sembuh. Hhahaa. Emang dikira mereka beneran apa ada temen gw yg sakit? Dibohongin lo, Bang! Dasar gw nya aja yg males bangun pagi2. Hhehee. Ehh tapi mereka udah hapal gitu loh saking sering nya gw telat. Jadi pas gw dateng tuh mereka udah hapal muka gw, dan udah tau alesannya. Yahh, paling dimarah2 dikit, gak takut lah! Trus disuruh lari2 atau scot jump. Halah, kecil amat hukuman!

Karena ini hari Jumat, jadi udah mulai pembagian agama2 gitu deh. Muslim, Kristiani, Buddhis. Banyak bgt ternyata Buddhis Medan, walaupun gw gak ngerti mereka ngomong apa karena mereka pake bahasa Hokkien. Ntar2 gw bakal bisa kok, tenang. Hhahaa.

Ternyata hari ini udah lumayan asik lah acara OSPEK nya, senior2 gak terlalu berisik lg. Hahaa, mulai baek deh sedikit. Padahal kita tuh udah yg bau2 comberan gitu deh, baju kumel, jorok bener lah asli. Bayangin aja dr masuk comberan (disini bahasanya ‘paret’) 2 hari yg lalu, baju nya itu gk boleh dicuci sampe OSPEK kelar. Gila kan, takut panuan aja ntar. Sampe pas masuk ruangan, senior2 pada nyemprot pengharum ruangan gitu deh. Haha, sukurin lo kebauan bang!


 Inilah tampang gw di-OSPEK,
dgn baju bau kumel jorok FKG.


Abang2/kakak2 senior jg gak ngerjain yg parah2 amat hari ini. Sederhana aja paling, gak disuruh minum softdrink yg udah dicemplungin kaos kaki busuk kayak kemaren lagi (beneran nih yg paling parah deh! tega bener kan!), gak disuruh demo2 an lagi. Yah diajak ngobrol2 lah. Si Bang-RandyPangalila-palsu itu sih dr kemaren2 ngongek gw trus, si bosen si bosen. Apasih dia itu gk jelas aihh! Trus kemaren gw bilang dia,

“abang ini mirip kok Randy Pangalila yah!”

“ah dia tuh yg ikut2an abang. Dia sama aku aja lbh tua aku. Tapi kayaknya aku masih muda ya? Stambo (stambo = angkatan) brapa coba aku?” (buset, malah nanya gw dia, cong! Mana gw pikirin lah!)

“06?” (asal jawab)

“wah berarti aku masih muda dong? Lebih dr 06 aku nih dek!”

Ihh bodo amat bang! Hahha, gak gw urusin lg deh trus tuh bang mau ngoceh apaan lah. Ehh tadi ngajakin nge-tos. Emang kenal yah gw sama si randypangalilapalsu itu? Hahaa, akrab gitu? Gaul!

Ada yg ulang tahun dibeliin kue malah. Ckckck, baek amat sih, walaupun sempet dkerjain dulu tuh anak sampe nangis. Oke, besok agak nya kita yg ngebales ng-OSPEK senior di acara Pembalasan OSPEK. Hhaha, bakal gw apain yah mereka?

Trik bagus banget

Lagi2 masalah OSPEK. Dan gw bakal cerita,

Tentang senior:

Masa senior gw lucu2 deh. Ada yg mirip ada yg mirip Randy Pangalila, ada yg mirip Thomas Djorghi, ada yg mirip Galuh (adek kelas gw SMA), malah ada jg yg mirip Taylor Lautner lho! Serius! Hhaa, aneh kan?

* Ada senior laki2 yg pengen tos trus sama gw di hari pertama, ihh ngapaen kali nih orang! (btw, bahasa tos/plek disini adalah ‘cas’. Hahaa, berasa nge-cas HP aja). Tp setelah sore trus bsok2 nya dia gak minta2 cas lg, sukurin lupa kali.

* Ada jg 3 senior cewek yg agak nya dendam kesumat gitu ama gw. Gara2 dia ngomong trus gw pelototin. Hahaa! Emang gw takut? Padahal harus nya sih klo ada senior, kita harus tunduk sambiul hisap kompeng. Gila kan, males amat kali gw. Jd setiap ngeliat gw tuh, mereka nge-bentak:

“heh, berani kali kau! Tunduk!”

Yah gw nunduk aja sambil nyengir2 dikit. Hahaa.

* Ada senior laki yg paling baek disitu, nama nya Bang Rasyid. Keturunan India gt deh agak nya. Nah dia ini lah yg paling jarang nge-bentak. Sama kita2 jg dia lbh pengertian gitu sih. Btw, dia ini byk fans nya lho!

* Oh ada lagi, gw kan kemaren disuruh maju baca uneg2 gw tentang OSPEK. Nah, sial nya, kenapa harus gw kebetulan yg maju sih! Gw tuh nulis nge jelek2 in senior sih sbener nya (cuma yg itu gk gw bacain lah), sama kesan boring gw slama OSPEK. Yah iyalah, masa kita paling senam pagi, materi, makan ramean, bgitu aja udh 2 hari. Nah, senior yg mirip Randy Pangalila itu hari ini inget muka gw lagi. Haduh! Jadi dia ngongek gw trus,

“kau yah yg kmaren bilang biasa2 aja? Boring yah dek?”

“hah iya ya? Hmm, agak nya sih iya.” (jawab nya ngotak)

Ehh beneran deh hari ini dia ngerjain kita abis2 an biar gk boring katanya. Gk tanggung2 deh suruh tiduran berjemur siang bolong, cium kaos kaki, nyebur got, demo. Selesai itu, dia nyindir gw trus,

“dek, nanti kau tulis yah klo hari ini lebih seru dari kemaren! Hahaa” (seneng bener dia bisa ngerjain gw!)

Oke, gw ngaku ini emang seru. Tapi gw kuat kok, gw gak nyerah dsuruh gitu sih. Hahaaa! Bisa kan gw nurutin apa mau dia. Jd, mau apa dia!



This is my lucky trickery in OSPEK:

Ngibul 1
Gw kan dikasih nama cantik ‘Tina Toon’ (gk tau jg nih apa mirip nya gw ama dia sih?) sama salah satu senior gak eksis. Nah, harus nya yel gw tuh nyanyi lagu Bolo2 sambil goyang2 kepala gitu deh. Tapi yah, sadar diri lah klo suara gw jelek dan dgn alasan biar lebih simpel, jadi gw hapus deh tuh lagu, dan gw cuma goyangin kepala aja. Hahaa, bodo amat, senior yg ngasih gw nama aja gk pernah nongol lg gitu. Senior2 yg laen sih gk ada yg tau itu yel gw ganti, paling mereka cuma komen:

“udah cuma gitu doang masa?”

Hahaa, gw dgn bangga mengangguk puas karena mereka percaya!


Ngibul 2
Senior yg mirip Taylor Lautner itu kan nahan buku gw wkt gw minta tanda tangan nya. Trus gw -disuruh ngapa-ngapain-apadia lah baru tuh buku bakal dikembalin! Nah, pas gw balik, dia nya udah gak ada, tapi buku gw masih ada di kursi nya. Mungkin harus nya sih gw gak boleh ngambil tuh buku sbelum mau disuruh2 dia. Kebetulan ada senior yg laen disitu, jd pas gw ngambil si-senior-laen itu bilang,

“emang udah ada yg nyuruh kau ngambil buku itu?”

“nggak bang, td kan emang saya tinggal disini.”

“ooh, yaudah ambil2.”

Hahaha, gw gak bohong lho! Emang gw tinggal gitu. Akhir nya dia nyuruh gw ngambil kan. Jadi kalo ntar2 ditanya sama si senior-mirip-Taylor Lautner-itu gw tinggal bilang klo emang ada abang2 yg nyuruh. Hahhaaa!


Ngibul 3
Gw bangun kesiangan hari ini, jam stengah 7. Wahhh! Nah, disitu gw sambil siap2 OSPEK, sambil mikir, cari alesan apa yah gw?
Ehh tiba2 gw dpt best idea nih,

“Maaf kak telat, soal nya ada temen kost saya yg sakit, jd saya ngurusin dia sarapan sama cari obat dulu.”

Hahhaaa! Dan untung nya sih tadi senior yg ini gk terlalu ngurusin OSPEK gitu, jd dia bodo2 in aja. Paling dimarah2 doang, halah kecil! Sorry aja gw sih gak mempan.


Pokok nya gampang deh nge-trik OSPEK. hahaaa!

PMB FKG 2010



Wahh udah hari ke-3 OSPEK aja nih. Waktu 24 jam aja berasa kurang klo lg OSPEK gini. Gila parah! Bukan karena hukuman nya atau senior nya. tapi yah karena waktu. Bayangin dong, gw mulai masuk OSPEK jam 6 pagi sampe jam 7 malem! Buseeet. Senior2 itu ngeladenin amat sih, bukan nya kuliah yg bener kek, malah ngurusin OSPEK sgala. Anah kedah!

Awal nya gw agak kaget jg dgn OSPEK di USU. Maklum, pengaruh budaya. Jadi disini tuh smua senior cewek maupun cowok suara nya keras, kasar. Beneran deh, dan kita disusahin bgt sama mereka. Minta tanda tgn lah, tapi mereka gak bakal mau ngasih kalo kita gak tau nama nya dia! Ihh, dasar mau terkenal aja kali tuh senior2! Hahaaa. Kadang kita dikerjain dulu lah, di suruh nyari si ini lah, si itu lah. Padahal jumlah peserta OSPEK itu sekitar 160-an, ditambah senior2, rame abis tuh FKG. Gimana bisa ketemu nyari orang?

Juga disuruh bawa yg aneh2, pete jengkol lah dikalungin, bikin gigi dari gabus, kompeng bayi suruh isep tiap hari, kuncir2 rambut sebanyak gigi, bawa karung sgala2, wahh repot bener lah mereka itu nyuruh2. Iya enak kalo ada org tua, nah klo anak kost? Mau nyari dimana coba? Pasar jelas udah nutup lah klo malem2 gitu. Huahh, capek bener gw nih pulang malem trus.

Nahh, karena kita anak2 FKG, jadi harus tahan sama yg bau2 gitu deh. Itu kalung pete jengkol disuruh kunyah2 di mulut, tahan jgn ditelen. Bisa bayangin gak sih gmn rasa nya? Trus jalan jongkok, makan-minum satu buat ber-160 org, nyari kodok, huuekk! Jorok abis. Hhahaa, senior GILAK!

Tapi, apakah gw bakal nurut seterus nya?

Haha, ya nggak lah! Gak bakal.

Gini, gw tuh udah berhasil ngibulin mereka lagi berkali2. Hahaa, sukur! Nanti bakal gw cerita in gimana aja ngibul2 nya gw. Hahaa.
INSTAGRAM