Berusaha mengurangi plastik!

Friday, June 18, 2010


Banyak hal sebenernya yg bisa dilakukan untuk melindungi bumi dari sgala macam sampah gak jelas. Terutama yg nama nya PLASTIK! Asli gw risih bener ngeliat barang satu ini. Kayak nya itu sampah yg bener2 sampah gitu. Tau gak sih sampah plastik itu butuh waktu sekitar 1000 tahun untuk bisa terurai! Bukannya sok atau apa, tapi gw gak seneng banget banget sama plastik, jg sama orang yg hobi nya buang2 plastik seenak nya.

Misal nya di supermarket, berapa banyak plastik sih yg dipake setiap hari buat pelanggan? Kasir nya tanpa dosa, ngambil plastik terus menerus untuk barang belanjaan. Dan pelanggan nya jg gak ngerasa risih, malah ngerasa untung dpt plastic gratisan! Bahkan lebih dari 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket di seluruh dunia setiap tahunnya. Ckckck. Padahal fungsi plastik itu apa sih? Cuma buat bawa belanjaan dari supermarket ke rumah, gitu aja kan?

Oke lah buat penjual nya, mereka memang harus sedia kantong plastic buat pembeli. Tapi para pembeli ini lah kunci nya. Kita sebagai pembeli harus punya kesadaran dong untuk gak pake plastik.


Yah memang kita gak bisa maksain untuk gak make plastik sama skali juga. Tapi seenggak nya bantu lah buat ngurangin plastik2 yg susah terurai itu. Bisa dgn cara:

- bawa kantong plastic sendiri kalo belanja
- bahkan kalo belanjaan sedikit, berusahalah untuk gak pake kantong plastic
- bawa botol minum, bukan botol plastik bekas





Fakta nya:

-Kantong plastik butuh waktu 1.000 tahun untuk terurai di TPA(Tempat Pembuangan Akhir).

-Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di TPA di Indonesia, belum lagi yang dibuang di sungai-sungai dan tempat-tempat yang tidak semestinya.


Makanya orang Indonesia pinter banget nyuci sampah plastik, terus di pake lagi

iiih, jorok kann!


Karena itulah, kita sebagai manusia peduli bantu mengurangi deh sampah plastik itu supaya sampah berkurang dan gak dijadi in bahan daur ulang oleh manusia2 yang tak bertanggung jawab.
Inti nya ngurangin plastik deh!

You Might Also Like

0 comments

Please kindly do leave the comment.. Thanks :)

INSTAGRAM